-->

Inilah 5 Software Desain Grafis untuk PC yang Paling Banyak Digunakan

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata "desain grafis"? Pekerjaan yang berhubungan dengan hal desain dan gambar tentu saja. Untuk menjadi seorang desainer grafis tidak harus terampil menggambar menggunakan alat tulis seperti pensil, pulpen atau spidol. Banyak orang yang jago desain grafis hanya melalui komputer, laptop ataupun PC. Hal yang penting adalah mampu mengoperasikan perangkat software grafis dan mengetahui tujuan dari desain grafis. Ada banyak software desain grafis yang umum digunakan di dunia, disini akan dipilihkan 5 software desain grafis yang populer digunakan di Indonesia.




Inilah 5 Software Desain Grafis untuk PC yang paling banyak digunakan, salah satunya mungkin menjadi favorit Anda. Berikut uraiannya:

1. CorelDraw

Software buatan Corel ini memang salah satu software desain grafis untuk PC yang penggunaannya sangat mudah. Menurut para desainer handal, mereka menilai CorelDraw tidak terlalu rumit dalam berbagai tools dan menunya. Faktor inilah yang mungkin saja membuat aplikasi CorelDraw begitu diminati oleh banyak kalangan pengguna desain grafis. Jika Anda seorang pemula yang ingin menggeluti bidang desain grafis, CorelDraw menjadi software yang harus bisa dikuasai. Perlu diketahui bahwa CorelDraw merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendesain gambar-gambar vektor.

2. Adobe Photoshop

Software buatan Adobe yang satu ini sudah terkenal dengan keunggulannya dibanding beberapa software desain grafis lainnya untuk pengguna komputer. Alasannya juga masih sama seperti yang pertama, penggunaan tools yang sangat mudah. Photoshop merupakan software grafis yang berguna untuk mengolah gambar bitmap atau foto hasil kamera.

Mudah dalam penggunaan, misalnya mudah dalam pemberian efek, filter, dan juga pewarnaan. Biasanya para desainer ingin memperindah hasil desain mereka, tak jarang mereka menggunakan CorelDraw dan juga Photoshop secara bergantian, karena memang ada beberapa tools yang tidak ada di satu software, tapi ada di software lainnya.

3. Adobe Illustrator

Memang banyak sekali software hasil buatan Adobe yang sangat mudah penggunaannya dalam hal desain grafis. Untuk software ini, berbeda dengan Photoshop yang mengolah gambar bitmap, Illustrator berfungsi membuat gambar/ilustrasi vektor. Tak jarang dari kita jika mengunduh hasil vektor dibeberapa situs, akan mendapati file yang memiliki format .AI, karena memang rata rata mereka para pembuat desain lebih nyaman dan puas jika menggunakan Adobe Illustrator.

4. Inkscape

Yang keempat adalah Inkscape. Software ini merupakan perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat open source di bawah lisensi GNU GPL. Keunggulan software ini tentunya mudah digunakan, banyak pilihan warna, file software tersebut ringan, dan juga hasilnya bisa langsung dilihat melalui browser juga, serta memiliki fitur backup otomatis jika software tersebut not responding. Cobalah untuk menggunakan software ini sebagai pilihan untuk mengolah gambar vektor.

5. Google SketchUp

Software buatan Trible ini merupakan software desain grafis tiga dimensi, tentunya biasa digunakan untuk membuat skema bangunan entah itu rumah, hotel, gedung, dan lain sebagainya. Jadi, software ini cocok bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai arsitektur.

Keunggulan dari software ini tentunya mudah digunakan, tools dari software tersebut juga sangat mudah dipahami, sehingga menarik minat para desainer untuk mencari pekerjaan dengan menjadi desain sebuah bangunan. Hasil desain dari software ini juga bisa anda letakkan di Google Earth.

Itulah 5 software desain grafis yang populer yang umum digunakan para desainer grafis. Sebagai tambahan, berikut ini pengertian desain grafis secara detail menurut yang tercantum di wikipedia. Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter