-->

Tutorial Panduan Belajar AutoCAD Bagi Pemula

Belajar bidang ilmu apapun memerlukan tahapan-tahapan agar dapat dipahami secara detail step by step. Tujuan belajar adalah agar kita lebih berpengetahuan dan mengaplikasikannya sesuai kebutuhan. Seperti halnya belajar program grafis AutoCAD yang bagi kebanyakan orang tentunya sangat sulit. Tetapi apabila kita sungguh-sungguh dan ingin menerapkannya sebagai kebutuhan kerja atau bisnis, tentunya harus dilakukan secara bertahap. Ada banyak tutorial panduan belajar AutoCAD bagi pemula yang beredar di internet, dan itu dapat menjadi acuan kita untuk memulai. Mahasiswa yang belajar di fakultas teknik sipil tentunya perlu belajar program grafis AutoCAD ini. 



Umumnya, kita ingin cepat bisa mengoperasikan program AutoCAD dan langsung masuk ke materi bagaimana menggunakan software AutoCAD ini. Seharusnya dimulai dengan dasar-dasar cara menjalankan program AutoCAD. Hal inilah yang justru membuat pengguna baru merasa kesulitan belajar AutoCAD karena bingung harus memulai dari mana. Padahal sebenarnya jika tahapannya dilakukan secara benar dan anda rajin berlatih, menggunakan AutoCAD tidaklah sesulit yang dipikirkan.

Semoga artikel ini membantu kita dalam belajar AutoCAD step by step apa saja yang harus dilakukan dan dipelajari dari awal sampai akhir.


Pertama, Memilih Komputer atau Laptop untuk AutoCAD


Sebelum memulai belajar AutoCAD tentunya harus dicek dulu apakah komputer yang akan digunakan sudah sesuai dengan standar pengoperasian software AutoCAD atau belum. Jangan sampai setelah di-install malah membuat komputer menjadi lambat kinerjanya.

Berdasarkan pengalaman, penggunaan software grafis umumnya memerlukan spesifikasi yang tinggi karena didalamnya lebih banyak mengolah gambar dan video. Tidak bisa kita menggunakan komputer yang sama untuk sekedar internetan dan mengetik. Komputer untuk desain grafis memerlukan hardware yang mumpuni. Cobalah dicari, komputer seperti apa yang cocok untuk menjalankan program grafis AutoCAD ini.

Kedua, Gunakan Software AutoCAD Original 

Untuk belajar AutoCAD tentu anda harus memasang aplikasi atau software tersebut pada laptop atau komputer yang akan digunakan. Biasakan menggunakan software original agar aman digunakan, bebas virus, dan tentunya mudah untuk di-update.

Ketiga, Baca Buku Panduan Belajar AutoCAD 

Ditahap ini dimulai dengan membaca dan memahami bagaimana software ini bekerja dan apa output yang dihasilkan. Pelajari hal-hal dasar yang umum digunakan dalam mengoperasikan AutoCAD, bagaimana cara menggunakannya, dipraktekkan step by step, diulangi terus agar kita benar-benar ahli mengoperasikan AutoCAD.

Belajar Pengetahuan Umum AutoCADSebelum mulai masuk ke pembelajaran tutorial penggunaan perintah-perintah di AutoCAD, harus dipahami terlebih dahulu hal-hal mendasar tentang AutoCAD seperti pemahaman tentang alat kerja atau tool AutoCAD, Workspace dan lain sebagainya

Keempat, Praktekkan Hal-Hal yang Dibaca dan Dipelajari secara Berulang-ulang

Membaca tanpa praktek, akan menjadi sekedar pengetahuan. Tetapi apabila membaca disertai dengan praktek berulang-ulang, akan menjadi ahli. Begitu juga belajar AutoCAD bagi para pemula. Tentukan dahulu kebutuhan yang diinginkan, apakah karena pekerjaan atau ingin menjadi ahli profesional di bidang grafis Arsitektur?

Setelah memahami hal mendasar tentang AutoCAD, maka lanjutkan dengan belajar tutorial AutoCAD, tips dan trik, serta cara yang cepat dalam mengerjakan proyek arsitektur. Misalnya menggunakan berbagai perintah kerja penggambaran dengan efisien, mengoptimalkan penggunaan berbagai perintah AutoCAD untuk pembuatan objek dengan cepat

Banyak trik-trik yang bisa dipraktekan untuk mempercepat penggambaran suatu objek di AutoCAD dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di AutoCAD. Bergabunglah dengan berbagai forum mengenai desain Arsitektur dan belajar AutoCAD agar semakin ahli menggunakannya. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter