Home » , , » Cara mengunci alamat Cell dalam Rumus di Excel

Cara mengunci alamat Cell dalam Rumus di Excel

Written By detra on 08 Mei 2013 | 09.38



Di dalam Excel, hal yang sering dilakukan adalah membuat rumus, untuk mempermudah pekerjaan dan meminimalisir kesalahan penghitungan. Namun, perlu diketahui juga bagaimana cara mengunci alamat cell dalam rumus agar tidak berubah pada saat di-copy, yang akan mengakibatkan hasil dari rumus tersebut tidak tepat. 

Caranya sangat mudah, dan biasanya materi ini umum diajarkan pada awal pelatihan atau kursus belajar microsoft excel. Dan rumus ini dari zamanya Lotus 123 sampai sekarang tidak berubah, yaitu menambahkan karakter dollar $ di depan alamat cell tersebut. Misalnya alamat cell : D4 (kolom D, baris 4), cara menguncinya, tambahkan $ di depannya. $D$4, artinya kolom dan baris terkunci. $D4, artinya kolom saja yang terkunci. D$4, artinya baris saja yang terkunci.

Berikut ini ilustrasi rumus perhitungan dalam Excel.


Perhatikan hasil dari Copy Paste rumus yang ada di cell B13 ke cell lainnya di bawahnya. Bandingkan rumus yang terkunci dan tidak terkunci. Itulah fungsi dari tanda $ sebagai pengunci sel yang dijadikan sebagai patokan dalam perhitungan.


tags: microsoft excel, copy paste, rumus, formula, tutorial.

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar harus dengan bahasa yang baik. Use your best language.

Rekomendasi Bisnis Iklan

 
Support : Toko Sepatu Kulit | The Journey | Toko Jaket Kulit
Copyright © 2007-2014. Belajar Komputer Online Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger