-->

Berkenalan dengan Internet

Ini definisi internet yang diambil dari ilmukomputer.com, terkesan ilmiah dan agak sukar dipahami bagi pemula.

Interconnected Network
- atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 .

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Internet selaras dengan era globalisasi saat ini, dimana batas-batas negara seperti hilang begitu saja. Dengan media internet ini, informasi dari belahan dunia manapun dapat kita terima. Tentu saja perkembangan teknologi ini bagai dua sisi mata uang, dimana disatu sisi dapat berpengaruh baik buat kita. Dan disisi lain juga bisa menjadi lahan kejahatan, pengaruh negatif pada penggunanya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter