-->

Mengenal Chromebook dan Perbedaannya dengan Laptop Windows

Beberapa tahun belakangan ini ramai penjualan Chromebook di berbagai market online. Sebenarnya apa sih Chromebook itu dan perbedaannya dengan laptop Windows? Seperti diketahui, Windows menjadi sistem operasi komputer yang populer di dunia. Meskipun banyak OS lainnya, namun dipastikan bahwa pengguna komputer mengenal apa itu OS Windows. Nah, Chromebook ini merupakan laptop yang disisipkan sistem operasi Chrome yang dikembangkan oleh Google. Secara fisik laptop Windows dan Chromebook tidak ada bedanya. Berikut ini beberapa perbedaan OS Chrome dan Windows yang perlu diketahui.

Sistem Operasi (OS) dan Keunggulan Chromebook

Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS milik Google yang mulai diperkenalkan pada bulan Juli tahun 2009 silam. Dan dipakai oleh sejumlah brand ternama seperti Asus, Acer, Dell, HP untuk disisipkan pada perangkat laptop yang akan dijual. 

Source: www.lenovo.com

Chrome OS dirancang untuk mempermudah penggunaan, dapat beroperasi dengan cepat, memiliki sistem keamanan berlapis, dan dapat digunakan oleh banyak pengguna yang berbeda akun alias shareable. Banyak kegiatan pada browser terasa lebih cepat jika menggunakan Chromebook daripada laptop sejenisnya. Inilah yang menyebabkan mengapa Chromebook memiliki jumlah RAM dan penyimpanan yang terbatas.

Chrome OS dirancang sangat simpel dan ringan oleh karenanya laptop Chromebook dapat dengan mudah dijalankan pada spesifikasi hardware rendah. Dengan spesifikasi yang minim inilah menjadikan terdapat tipe laptop Chromebook bisa dijangkau di kalangan menengah ke bawah dan kalian sudah mendapatkan produk yang nyaman digunakan untuk belajar atau bekerja.

Google merancangnya untuk pengguna yang suka menghabiskan banyak waktu di internet. Hal ini karena Chrome sebagai user interface dan satu-satunya aplikasi yang disertakan adalah browser web dengan menggabungkan pemutar media dan browser life. Artinya kita dapat menggunakan Chromebook untuk melakukan apa saja secara online seperti membaca artikel website, mengirim email, menonton video online, dan lainnya. Interface pada laptop Chromebook juga mirip dengan Android di perangkat smartphone atau tablet.

Saat melakukan klik maupun tap pada tombol di pojok kiri bawah, akan muncul daftar aplikasi-aplikasi yang tampilannya berbentuk grid sehingga membuatnya mirip dengan App Drawer di smartphone.

Sekian.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter