-->

10 Tips Cara Belajar Microsoft Excel dengan Cepat

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi perkantoran yang banyak digunakan di berbagai negara. Usianya sudah lebih dari 25 tahun, sama dengan umur sistem operasi Windows itu sendiri. Sampai saat ini masih digunakan oleh pekerja kantoran untuk membantu berbagai macam pekerjaannya. Bisa dikatakan, software Excel ini menjadi salah satu syarat bagi calon karyawan agar dapat diterima bekerja di kantor tersebut. Oleh sebab itu, mulailah belajar aplikasi ini dari sekarang. Berikut ini 10 tips cara belajar Microsoft Excel dengan cepat.

Penting untuk diketahui

Sebelum mengikuti tips di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Untuk pemula yang baru menggunakan Excel, silahkan perhatikan ini.


Excel merupakan aplikasi pengolah data dengan menggunakan tabel atau terkenal dengan nama Spreadsheet. Perhatikan gambar diatas, ada 3 hal yang harus diketahui.

  1. Dari kiri ke kanan layar adalah urutan kolom dimulai dari A, B, C, dst.  Kolom adalah ruangan vertikal dari atas ke bawah, misalnya kolom A maka ruang dari atas sampai bawah itu masuk bagian kolom A. Begitu juga dengan kolom B, C, dan seterusnya.
  2. Dari atas ke bawah layar adalah urutan baris dimulai dari angka 1, 2, 3, dst. Baris adalah ruangan horisontal dari kiri ke kanan, misalnya baris 1 maka ruang dari kiri ke kanan masuk bagian baris 1. Begitu juga dengan baris 2, 3 dan seterusnya.
  3. Ruang pertemuan baris dan kolom disebut Sel. Ditandai dengan kombinasi huruf mewakili kolo dan angka mewakili baris. Misalnya sel D5 artinya ruang di kolom D baris 5. Fungsi sel ini untuk menampilkan data yang diinput melalui keyboard.

10 Tips Belajar Excel

1. Perhitungan dasar

Excel memang ditujukan untuk mengolah data berupa angka yang bisa anda tambah, ubah, dan manipulasi sesuai keinginan anda. Nah, mempelajari bagaimana cara menghitung di Excel merupakan langkah awal untuk mengerti konsep keseluruhan.

2. Kalkulasi cepat dengan Autosum

Setelah mempelajari bagaimana perhitungan dasar di Excel, ini saatnya untuk merasakan salah satu kekuatan Excel yaitu Autosum. Autosum disini merupakan fungsi yang bisa digunakan untuk kalkulasi penjumlahan cepat tanpa perlu menambahkan rumus.

3. Otomasi data sederhana dalam sel

Tips nomor 1 dan 2 mengharuskan Anda untuk memasukkan data ke dalam sel. Sekarang, coba belajar bagaimana cara otomasi data, sehingga tidak perlu terus-menerus mengetik data. Misalnya untuk membuat nomor urut, ada cara cepat dan mudah membuatnya. 

4. Memformat angka

Format angka dibutuhkan jika memasukkan data dengan jenis yang berbeda. Misalnya 100% tentu berbeda dengan Rp. 100. Walaupun mengetikkan sama-sama angka “100”, penggunaannya jadi berbeda. Di Excel, bisa mengubah format angkanya sesuai dengan yang diinginkan.

5. Membuat tabel

Tips lainnya untuk cara belajar menggunakan Excel dengan cepat adalah membuat tabel. Dengan membuat tabel, data yang dimasukkan dapat diorganisir lebih mudah lagi. Jangan menganggap bahwa dengan mengisi data di sel-sel di Excel, data tersebut sudah menjadi Tabel. Anda perlu memformatnya terlebih dahulu, layaknya tips sebelumnya.

6. Membuat Chart/Grafik

Sebuah data dalam tabel akan lebih menarik dilihat jika dibuatkan sebuah grafik. Karena tampilan visual tentunya lebih menarik daripada hanya sekedar data angka saja. Dengan Excel, dapat dibuat grafik dengan mudah dan pilihan grafiknya sangat lengkap.

7. Menggunakan Format Cell

Dengan Format Cell, dapat dilakukan berbagai hal menarik untuk mengubah tampilan teks dalam sel. Misalnya saja, mengubah tampilan hurufnya menjadi miring. Hal tersebut tentu dapat dilakukan di Excel.

8. Menggunakan fungsi manual

Sebelumnya, sudah dipelajari bagaimana menggunakan fungsi di Excel, yaitu dengan mencoba fungsi Autosum. Semua itu dapat dilakukan dengan hanya mengklik fungsi yang ada. Namun terkadang, ketika data di Excel sudah banyak dan kompleks, ada beberapa kondisi dimana menggunakan fungsi seperti cara sebelumnya tidak efektif. Untuk itulah, Excel juga sudah menyediakan fitur dimana fungsi tersebut bisa dimasukkan secara manual.

9. Menggunakan Conditional Formatting

Dengan Conditional Formatting, kita dapat mengolah data dengan tampilan yang lebih interaktif lagi. Misalnya menambahkan visualisasi mengenai persentase data. 

10. Menggabungkan 2 kolom atau baris

Dari tips 1 sampai 9, kita sudah bisa membuat tabel yang keren dan interaktif dengan chart atau grafik. Namun biasanya semakin kompleks sebuah tabel yang kita buat, pastinya kita berhadapan pada situasi di mana harus menggabungkan 2 kolom atau baris.


Itulah beberapa tips, sepuluh cara belajar Microsoft Excel dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter