-->

Mengenal Wordpress sebagai Platform CMS Pembuatan Website

Di zaman sekarang ini banyak kemudahan yang disediakan dalam membuat website untuk berbagai keperluan pemiliknya. Sebelum tahun 2000, membuat website merupakan hal yang sulit bagi orang yang awam bidang "internet". Karena masa itu, internet menjadi hal baru yang hadir di Indonesia dan diajarkan di berbagai lembaga pendidikan. Saat itu, membuat website harus menguasai bahasa pemograman yang hanya berisi teks HTML, yang kemudian berkembang dengan tambahan visual. Namun demikian, kode teks HTML masih digunakan sampai sekarang dan menjadi ilmu dasar bagi para web developer. Pada perkembangan berikutnya muncul teknologi membuat website dengan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan CMS atau Content Management System. CMS memudahkan kita untuk membuat website tanpa perlu memahami bahasa pemograman atau coding. Terdapat berbagai platform CMS untuk membuat website diantaranya adalah WordPress. Kini Anda harus mengenal Wordpress sebagai platform CMS pembuatan website.

Bagaimana WordPress Berkembang?

WordPress adalah platform pembuatan website yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa. Pada tahun 2004, kedua programmer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Hal yang paling menarik dari WordPress adalah aplikasi ini bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan berbagai fitur di website hanya dengan sekali klik.

WordPress menjadi CMS Paling Populer

Cara penggunaan yang mudah, fitur yang lengkap, serta gratis, menjadikan WordPress sebagai aplikasi pembuatan website favorit di seluruh dunia. CMS WordPress adalah platform dibalik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara CMS lainnya. 

WordPress adalah bukti bahwa software gratis tidak lantas menghasilkan website murahan dan kualitas rendah. Buktinya WordPress digunakan oleh banyak perusahaan dan website pribadi atau blog. Ini juga menunjukkan bahwa WordPress telah dipercaya untuk membuat website berkualitas tinggi di seluruh dunia. Mungkin Anda juga akan menjadi pengguna WordPress selanjutnya. 

Apa saja Keunggulan WordPress?

1. Ramah untuk Pemula dan Ahli

Keunggulan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, baik orang awam maupun mereka yang ahli bahasa pemograman. Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk bisa membuat website profesional dengan menggunakan WordPress.

2. Komunitas Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Para pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru tentang cara membuat website dengan WordPress dan optimasinya. Forum diskusi tersebut diadakan baik secara online maupun offline. Bagi Anda yang masih awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar dari forum-forum diskusi yang mengajarkan tutorial WordPress.

3. Tersedia Banyak Tutorial

Tidak hanya forum diskusi, Anda juga bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang tersebar di internet. Anda bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, atau video tutorial.

4. Plugin Melimpah

Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. 

Anda ingin mengoptimasi SEO website? Ada plugin Yoast SEO. Ingin menambahkan profil media sosial dan tombol share media sosial? Anda bisa menggunakan One Signal dan plugin media sosial wordpress terbaik lainnya. WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan Anda mengelola dan menambahkan fitur untuk website Anda. Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain. Selain itu, banyak plugin yang menyediakan versi gratis! Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk fitur-fitur terbaik WordPress.

5. Tema Beragam

Tidak hanya tutorial WordPress dan plugin yang banyak, tema WordPress pun jumlahnya tidak kalah berlimpah. Banyak pengembang yang merilis tema WordPress baik berbayar maupun gratis. Tema-tema WordPress gratis pun tidak kalah bagusnya dari tema-tema berbayar.



Selain Keunggulan tersebut, ada juga kekurangan WordPress diantaranya soal Keamanan. WordPress digunakan oleh lebih dari 30% website seluruh dunia, semakin banyak pengguna maka ancaman (hacker, DDOS) juga semakin meningkat. Akan tetapi Anda dapat mencegahnya dengan cara menginstall plugin untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda.

Hal lainnya, adalah Dukungan pihak ketiga. Anda dapat memilih banyak tema dan plugin untuk WordPress dari yang gratis maupun berbayar. Namun, perlu hati-hati dalam memilihnya untuk menghindari tema dan plugin yang memiliki bug. Pastikan plugin atau tema yang Anda pilih memiliki penilaian dan review yang baik.

Masalah Kecepatan. Karena banyaknya plugin yang tersedia, terkadang orang memasang berbagai plugin tanpa memperhatikan dampaknya. Install plugin yang dibutuhkan saja untuk menjaga performa WordPress. 

WordPress awalnya digunakan hanya untuk membuat web blog atau website pribadi, namun kini Anda juga bisa membuat website perusahaan dan toko online melalui Wordpress. Demikian artikel mengenal Wordpress sebagai platform CMS pembuatan website.


tags: wordpress, membuat website, membuat blog gratis

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter